BAB I
PENDAHULUAN
A.LATAR BELAKANG
Tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada atau sekitar periode tertentu dalam kehidupan individu ,pencapaian (tugas perkembangan) yang sukses berperan penting untuk kebahagiaannya dan untuk pencapaian tugas-tugas selanjutnya,sedangkan kegagalan (pencapaian tugas-tugas perkembangan) mengarah timbulnya ketidak bahagiaan dalam diri individu itu,dan sulit untuk mencapai tugas perkembangan selanjutnya.
Selanjutnya Havighurst menjelaskan 9 tugas perkembangan yang seharusnya dicapai pada periode remaja,yaitu:
- Menguasai kemampuan membina hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya atau berbeda jenis kelamin. Kemampuan itu adalah kemampuan berfikir sosial positif,empiti,kontrol emosi, dan altruistik.
- Menguasai kemampuan melaksanakan peranan sosial sesuai dengan jenis kelamin
- Menerima keadaan fisik dan mempergunakannya secara efektif.
- Mencapai kemerdekaan dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
- Memiliki kemampuan untuk mandiri secara ekonomi.
- Memiliki kemampuan untuk memilih dan mempersiapkan diri untuk karir
- Berkembangnya keterampilan intelektual,dan konsep-konsep yang perlu untuk menjadi warga negara yang berkemampuan.
- Memiliki keinginan untuk bertanggung jawab terhadap tingkah laku sosial.
- Memiliki perangkat nilai dan sistem etika dalam bertingkah laku.
B.TUJUAN PENULISAN
Adapun tujuan penulisan Makalh ini adalah:
- Untuk memberikan pengetahuan kepada para pembaca tentang Tahap-Tahap Perkembangan Remaja.
- Untuk mengetehui Tugas-Tugas Perkembangan Remaja.
C.RUMUSA MASALAH
1.Apa pengertian tugas-tugas perkembangan remaja?
2.Apa saja tugas-tugas perkembangan?
3.Apa saja usaha sekolah untuk pencapain perkembangan?
4.Usaha pendidikan dalam mengembangkan tugas-tugas?
5.Apa saja tahapan perkembangan?
BAB II
PEMBAHASAN
TAHAP-TAHAP DAN TUGAS PERKEMBANGAN
A.Pengertian Tugas-Tugas Perkembangan
Havighurst mengemukakan pengertian tugas perkembangan sebagai berikut :
“A development task is a task which arises at or about a certain periode in the life of an individual,succesful achievement of which bads to his happines and to succes with later rask while failure leads to unhappines in the individual difficulty with later task” (Blair and Jones,1964)
Tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada atau sekitar periode tertentu dalam kehidupan individu ,pencapaian (tugas perkembangan) yang sukses berperan penting untuk kebahagiaannya dan untuk pencapaian tugas-tugas selanjutnya,sedangkan kegagalan (pencapaian tugas-tugas perkembangan) mengarah timbulnya ketidak bahagiaan dalam diri individu itu,dan sulit untuk mencapai tugas perkembangan selanjutnya.
B. Keragaman Tugas-Tugas Perkembangan
Selanjutnya Havighurst menjelaskan 9 tugas perkembangan yang seharusnya dicapai pada periode remaja,yaitu:
1.Menguasai kemampuan membina hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya atau berbeda jenis kelamin. Kemampuan itu adalah kemampuan berfikir sosial positif,empiti,kontrol emosi, dan altruistik.
2.Menguasai kemampuan melaksanakan peranan sosial sesuai dengan jenis kelamin:
- Sebagai pria sejati mampu melakukan peranan sebagai berikut:
- Berkeinginan yang kuat untuk melindungi waita dan orang-orang yang lemah.
- Memiliki keyakinan diri dalam bergaul.
- Memiliki kemampuan berfikir positif terhadap orang lain.
- Menyukai dan menampilkan cara-cara berkomunikasi yang sopan,suka mendengarkan atau memberikan rasa penghormatan kepada orang lain.
- Sebagai wanita sejati,mau dan mampu melaksanakan peran sebagai berikut:
- Mampu membina hubungan dan bekerja sama dengan teman sebaya dan lawan jenis.
- Bertingkah laku lembut,ramah dan baik hati kepada orang lain.
- Menampakkan kasih sayang yang dalam terhadap anak-anak dan orang-orang yang lemah.
- Mampu melakukan komunikasi yang sopan ,suka mendengarkan ,mengucapkan kata-kata yang menyenangkan dan menimbulkan perasaan dihormati pada orang lain.
- Berfikir positif terhadap orang lain.
3.Menerima keadaan fisik dan mempergunakannya secara efektif.
Remaja yang mencapai tugas perkembangan ini menerima keadaan fisiknya sesuai dengan jenis kelamin yang dimilikinya apa itu pria atau wanita:
- Pria yang menerima tubuhnya sebagai pria yang maskulin ,maka termotivasi untuk memelihara bentuk tubuhnya dengan otot-otot yang menonjol dan kuat.
- Wanita yang menerima dirinya sebagai wanita,berusaha memelihara tubuhnya agar tampil anggun dengan perbandinganukuran tubuh yang ideal dan posisi serta gerakan tubuh yang bagus.
- Wanita ini juga mengerti prinsip-prinsip reproduksi,terjadinya menstruasi,kehamilan dan proses kehamilan, dan berusaha untuk memelihara dirinya untuk tetap tampil rapi dan bersih serta bertingkah laku sopan.
4.Mencapai kemerdekaan dari orang tua dan orang dewasa lainnya.Remaja yang mencapai tugas perkembangan ini mampu mengembangkan kasih sayang terhadap orang tua yang mereka miliki,dikarenakan kesadran atas tanggung jawab dan kebiasaan ekspresi kasih yang mewarnai kehidupan mereka dari kecil.
Dalam situasi konflik pun mereka berkomunikasi yang sopan dan penuh hormat karena berbagai penyebab,diantaranya penyebab itu adalah:
a.Orang dewasa kurang memahami kebutuhan dan permasalahan sosial,sehingga orang dewasa memaksakan kehendak terhadap remaja.
b.Orang dewasa memperlakukan remaja sebagai seorang anak kecil dari satu sisi,namun dari sisi lain mereka di tuntut bertingkah laku dewasa.
5.Memiliki kemampuan untuk mandiri secara ekonomi.
6.Memiliki kemampuan untuk memilih dan mempersiapkan diri untuk karir.
7.berkembangnya keterampilan intelektual,dan konsep-konsep yang perlu untuk menjadi warga negara yang berkemampuan.
8.Memiliki keinginan untuk bertanggung jawab terhadap tingkah laku sosial.
9.Memiliki perangkat nilai dan sistem etika dalam bertingkah laku.
C.Usaha Sekolah Untuk Membantu Pencapaian Tugas Perkembangan
` Cara yang dapat dilakukan oleh sekolah untuk membantu tugas-tugas perkembangan siswa yang remaja adalah:
1.Usaha membantu pencapaian tugas perkembangan 1
Untuk membantu pencapaian tugas perkembangan ini sekolah perlu melakukan berbagai usaha:
a.Membahas dalam diskusi kelompok tentang berfikir positif,empati,kontrol emosi,perasaan altruistik dan berpenampilan yang menarikperlu bagi remaja untuk membina keakraban dengan lawan jenis.
b. melatih siswa untuk selalu bersikap positif,altruistik,empati,kontrol emosi, dan berpenampilan menarik.
2. usaha membantu tugas perkembangan 2
a. melakukan bimbingan kelompok yang terjadwal
b. melatih mereka untuk melaksanakan peranan-peranan itu dengan latihan-latihan yang terprogram.
c.menciptakan kondisi belajar yang memupuk “kerjasama” agar masing-masing remaja dapt melaksanakan peranannya sesuai dengan jeniskelamin.
d. memberi model teman sebaya,guru dan orang yang dikagumi remaja tentang peran-peran yang disesuaikan dengan jenis kelamin.
3.Usaha membantu tugas perkembangan 3
a.pemberian informasi tentang bagaimana merawat fisik sesuai dengan jenis kelamin.
b.melakukan diskusi atau bimbingan kelompok untuk membahas permasalahan yang menyangkut perwatan dan mempergunakan fisik merka dengan sebaik-baiknya.
4.Usaha untuk membantu pencapaian tugas perkembangan 4
a.Melalui diskusi atau bimbingan kelompok dibahas mengapa dan bagaimana emosi remaja yang mandiri dan mengatasi emosi yang di alami remaja.
b.Personil sekolah harus menampilkan emosi yang sabar,penuh kasih sayang.
c.Guru menghargai denagn sikap yang menyokong,remaja-remaja yang menampak emosi positif dalam menghadapi permasalahan yang menyakitkan dan memberitahu bagaimana seharusnya beremosi jika emosi tidak terkontrol.
d.Membicarakan dengan orang tua,tentang bagaimana bertingkah laku emosional positif terhadap remaja,agar remaja berkembang emosinya positif
5.Usaha membantu tugas perkembangan 5
a.Memberi kesempatan pada siswa untuk mengelola sekolah dan koperasi sekolah.
b.Melakukan pengembangan bakat-bakat khusus yang benar-benar dapat dipergunakan untuk mencari penghasilan pada masa sekarang atau masa yang akan datang.
6.Usaha membantu tugas perkembangan 6
a.Memperkenalkan potensi-potensi alam yang di olah.
b.Memperkenalkan berbagai pekerjaan yang dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat, dalam rangka memelihara dan memanfaatkan potensi.
c.Membentuk keyakinandalam arti remaja tentang kerja keras, dengan memelihara contoh orang-orang dan negara yang maju yang memeiliki filsafat atau keyakinan kerja keras dalam berkarir.
d.Memberikan penilaian yang tinggi kepada remaja yang kreatif dalam melakukan hal yang positif, baik dalam bidang akademis, sosial, maupun bakat-bakat khusus.
7.Membantu remaja mengembangkan keterampilan intelektual
a.Berbagai usaha yang dapat di lakukan adalah memberikan pengalaman.
b.Melakukan metode pembelajaran yang mengaktifkan siswa memecahkan masalah-masalah, dengan mempergunakan informasi yang diperoleh melalui berbagai jenis sumber informasi.
c.Metode pembelajaran bekerja sama, terutama dalam menpelajari kehidupan beragama, hukum-hukum bewarga negara.
8.Usaha sekolah untuk mencapai tugas perkembangan ini adalah:
a.Memperkaya informasi siswa tentang kehuidupan sosial yang diharapkan dan kehidupan sosial untuk menjadi kenyataan megikut sertakan mereka untuk aktif mencari pemecahan masalah kehidupan sosial.
b.Memperkenalkan siswa remaja langsung kepada kehidupan lembaga sosial yang nyata.
9.Tugas lainya adalah:
a.Memperkenalkan filsafat hidup sesuai dengan nilai-nilai agama,ilmu pengetahuan dan budaya yang di junjung tinggi melalui sumber seperti nara sumber dan media cetak.
b.Memberi kesempatan kepada siswa untuk mengamati sampai berapa jauh filsafat hidup itu berperan dalam kehidupan keluarga siswa.
D.Usaha Pendidikan dalam Mengembangkan Tugas-tugas Perkembangan Remaja.
Perkembangan merupakan suatu proses yang menggambarkan perilaku kehidupan sosial psikologi manusia pada posisi yang harmonisdi dalam lingkungan masyarakat. Pada kehidupan remaja seseorang telah berada pada posisi yang cukup kompleks, dimana ia telah menyelesaikan tugas-tugas perkembangannya seperti mengatasi sifat tergantung pada orang lain.
Usaha yangdapat dilakukan untuk mengembangkan tuga-tugas perkembangan pendidik perlu memahami tugas remaja yang berkenaan dengan :
ü Kehidupan pribadi ramaja sebagai individu.
ü Kehidupan pendidikan dan kehidupan karir.
ü Kehidupan berkeluarga.
1.Upaya Perkembangan Kehidupan Pribadi
Kehidupan pribadi yang merupakan rangkaian proses pertumbuhan dan perkembangan perlu dipersiapkan dengan baik. Untuk itu perlu dilkukan hal sewebagai berikut :
a.Hidup sehat dan teratur serta pemanfaatan waktu secara baik.
b.Mengerjakan tugas dan pekerjaan praktis sehari-hari secara mandiri dengan prnuh tanggung jawab.
c.Hidup bermasyarakat dengan melakukan pergaulan denga seksama, terutama dengan teman sebaya menunjukkan gaya dan pola kehidupan yang baik sesuai dengan kultur yang baik dan di anut oleh masyarakat.
d. Menunjukkan dan melatih cara merespon berbagai masalah yang dihadapi..
e.Mengikuti aturan kehidupan keluarga dengan penuh tanggung jawab dan disiplin.
f. Melakukan peran dan tanggung jawab dalam kehidupan berkeluarga.
2.Upaya Perkembangan Kehidupan Pendidikan dan Karir.
Dalam mengatasi masalah perkembangan dan pilihan karir remaja dapat dilakukan melauli kegiatan bimbingan karir di sekolah.Layanan bimbingan karir itu di lakukan melalui kegiatan-kegiatan:
a.Pemahaman diri,bakat,kemampuan,minat,keterampilan dan cita-cita pribadi.
b.Pemahan lingkungan:lingkungan pendidikan dan lingkungan pekerjaan serta berbagai kondisi.
c.Cara-cara mengatasi masalah dan hambatan dalam perencanaan dan pemilihan karir sehubungan dengan keterbatasan lingkungan dan keadaan karir.
d.Perencanaan masa depan.
e.Usaha penyaluran,penempatan,pengaturan dan penyesuaian.
3.Upaya Pengembangan Tugas Perkermbangan Remaja Berkenaan Dengan Kehidupan Berkeluarga
Keberhasilan dalam memilih pasangan hidup untuk membentuk keluarga banyak ditentukan oleh pengalaman dan penyelesaian tugas-tugas perkembangan masa-masa sebelumnya.
Untuk mengembangkan model keluarga yaang ideal maka diperlukan:
1.Bimbingan tentang cara pergaulan dengan mengajarkan etika pergaulan lewat pendidikan budi pekerti dan pendidikan remaja.
2.bimbingan siswa untuk memahami norma yang berlaku baik dalam keluarga sekolah maupun di dalam masyarakat.Untuk kepentingan ini diperlukan arahan untuk kebebasan emosional dari orang tua.
E.TAHAP-TAHAP PERKEMBANGAN
1.Masabayi dan anak-anak
- Belajar berjalan
- Belajar makan makanan padat
- Belajar berbicara
- Belajar mengendalikan pembuangankotoran tubuh
- Mencapai stabilitas fisiologik
- Membentuk pengertian sederhana tentang realitas fisik dan soaial
- Belajar kontak perasaan dengan orang tua,keluarga,dan orang lain
- Belajar mengetahui mana yang benar dan mana yang salah serta mengembangkan kata hati.
2.Masa anak sekolah
- Belajar ketangkasan fisik untuk bermain
- Pembentukan sikap yang sehat terhadap diri sendiri sebagai organisme yang sedang tumbuh
- Belajar bergaul yang bersahabat dengan anak-anak sebaya
- Belajar peranan jenis kelamin
- Mengembangkan dasar-dasar kecakapan membaca,menulis dan berhitung
- Mengembangkan kata hati moralitas dan skala nilai-nilai
- Belajar membebaskan ketergantungan diri
- Mengembangkan sikap sehat terhadap kelompok dan lembaga-lembaga.
3.Masa Remaja
Tugas perkembangan remaja menurut Havighurst adalah:
- Menguasai kemampuan membina hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya atau berbeda jenis kelamin.
- Menguasai kemampuan melaksanakan peran sosial sesuai dengan jenis kelamin.
- Menerima keadaan fisik dan mengaktualisasikan secara efektif.
- Mencapai kemerdekaan emosianal dari orang tua dan orang tua dewasa lainnya.
- Memiliki kemampuan untukmandiri secara ekonomi.
- Memilih dan mempersiapkan karir (pekerjaan).
- Berkembangnya keterampilan intelektual dan konsep-konsep yang perlu untuk menjadi warga negara yang baik dan berkemampuan.
- Memiliki keinginan untuk bertanggung jawab terhadap tingkah laku sosial.
- Memilki perangkat nilai dan sistem etika dalam bertingkah laku.
- Mempersiapkan diri secara fisik dan psikis untuk menikah dan menghadapi berumah tangga.
4.Masa Dewasa Awal
- Mulai bekerja
- Memilih pasangan hidup
- Belajar hidup dengan suami/istri
- Mulai membentuk keluarga
- Mengasuh anak
- Mengelola/mengemudikan rumah tangga
- Menerima/mengambil tanggung jawab warga negara
- Menemukan kelompok sosialyang menyenangkan
5.Masa Setengah baya
- Memperoleh tanggung jawab sebagai orang dewasa yang bewarga negara dan hidup bermasyarakat.
- Menetapkan dan memelihara suatu standar kehidupan ekonomi bagi kehidupannya.
- Membantu anak-anak remaja untuk menjadi orang dewasa yang bertanggung jawab dan bahagia.
- Mengembangkan kegiatan-kegiatan pengisi waktu senggang yang sesuai dengan orang dewasa.
- Menyesuaikan diri dengan kehidupan orang tua yang sudah lanjut usia.
6.Masa Tua
- Menyesuaikan diri pada keadanberkurangnya kekuatan fisik dan kesehatan.
- Menyesuaikan diri dalam keadaan yang berkurang.
- Menyesuaikan diri dalam keadaan dan pendapatan yang berkurang.
- Menyesuaikan diri dalam keadaan meninggalnya suami/istri.
- Menjalin hubungan yang rapat dengan teman-teman se usia.
- Memenuhi kewjiban sebagai warga negara dan kewajiban dala hidup bermasyarakat.
- Menyusun keadaan hidup yang memuaskan dalam hal fisik.
BAB III
PENUTUP
A.KESIMPULAN
Tugas perkembangan adalah tugas yang muncul pada atau sekitar periode tertentu dalam kehidupan individu ,pencapaian (tugas perkembangan) yang sukses berperan penting untuk kebahagiaannya dan untuk pencapaian tugas-tugas selanjutnya,sedangkan kegagalan (pencapaian tugas-tugas perkembangan) mengarah timbulnya ketidak bahagiaan dalam diri individu itu,dan sulit untuk mencapai tugas perkembangan selanjutnya.
Keberhasilan dalam memilih pasangan hidup untuk membentuk keluarga banyak ditentukan oleh pengalaman dan penyelesaian tugas-tugas perkembangan masa-masa sebelumnya.
B.SARAN
Dengan adanya makalah ini,mudah-mudahan dapat memacu pembaca untuk lebih tahu tentang tahap-tahap perkembangan.Dan semoga kita semua bisa mengambil manfaat dengan adanya diskusi tentang kurikulum ini.Sehingga kita semua bisa memahami tentang itu dan bisa mengaplikasikan dalam kehidupan kita khususnya untuk perkembangan.
DAFTAR PUSTAKA
Prof.Dr.Muhammad,Ali.2006.Psikologi Perkembangan Peserta Didik.Bandung:Bumi Aksara.
Tim Dosen Pembina Mata Kuliah Peserta Didik.2005.Perkembangan Peserta Didik.